Sukses

Parenting

Perubahan Tubuh yang Dialami Perempuan Setelah Melahirkan

Fimela.com, Jakarta Banyak sekali hal baru yang akan dialami oleh ibu yang baru saja melahirkan. Salah satunya adalah perubahan tubuh yang harus dialami setelah 9 bulan mengandung dan mengalami proses melahirkan.

Setelah melahirkan tubuh perempuan cenderung menjadi lebih gemuk karena otot yang melemah dan kenaikan berat badan akibat makanan yang harus dijaga untuk mencukupi kebutuhan janin. Tak cuma itu saja, ternyata ada beberapa perubahan lain yang harus dihadapi.

  • Salah satu perubahan yang cukup bikin pusing adalah rambut rontok. Sebenarnya hal ini normal dan rambut akan kembali tumbuh menurut siklus normalnya. Tapi jika ibu tidak cukup nutrisi dan tidak merawat rambut dengan baik, kondisi ini akan permanen meninggalkan kebotakan.
  • Penuh terisi air susu, payudara ibu akan membesar dan terasa sakit. Ketika sudah tidak menyusui lagi, payudara akan kendur sebagai akibat otot payudara yang sebelumnya membesar.
  • Saat hamil, uterus akan membesar dan tidak langsung menyusut saat melahirkan. Butuh waktu sekitar enam minggu dan lebih lama lagi agar uterus menyusut.
  • Stretch marks juga akan muncul di tubuh.
  • Saat hamil, beberapa perempuan mengalami kaki bengkak. Beberapa lainnya justru mengalaminya sesaat setelah melahirkan, namun jangan khawatir, kaki bengkak ini akan hilang dengan sendirinya.

Menjadi ibu adalah pengorbanan yang besar, tidak hanya soal bertarung dengan maut saat melahirkan, namun juga perubahan tubuh. Nikmati setiap momennya ya. Jangan lupa bersyukur dan terus merawat tubuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading