Sukses

Parenting

Produksi ASI Mom Sedikit Bahkan Tidak Keluar? Kenali Penyebabnya

Beberapa mom yang menyusui merasa bahwa produksi ASI-nya sedikit bahkan ia mendapati ASI-nya tidak ke luar. Karena hal ini, tidak sedikit mom yang akhirnya merasa sangat khawatir dan cemas. Beberapa mom akan sangat cemas jika buah hatinya tidak bisa mendapat asupan nutrisi cukup dari ASI-nya.

Melansir dari laman boldsky.com, mengenai ASI yang sedikit atau bahkan tidak ke luar di masa menyusui, ini bisa terjadi karena banyak penyebab. Penyebab tersebut mulai dari masalah hormonal & endokrin, riwayat operasi payudara, asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kurang, pemakaian alat kontrasepsi, buah hati kesulitan menghisap atau mengalami masalah anatomi, ASI jarang disusu atau diempeng juga tidak dipompa secara rutin.

Produksi ASI yang sedikit bisa diatasi dengan konsumsi buah serta sayur cukup/copyright pexels.com

Diana West seorang konselor laktasi internasional (IBCLC-International Board-Certified Lactation Consultant) dan penulis buku 'Making More Milk', mengungkapkan selain penyebab di atas, kurangnya asupan sayur dan buah pada ibu menyusui juga sangat mungkin membuat ASI tidak ke luar dengan baik.

Agar ASI selama menyusui cukup melimpah, penting bagi setiap mom untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuhnya. Penting juga baginya untuk mengonsumsi sayur dan buah cukup setiap harinya. Jangan lupa untuk selalu tenang dan hindari stres. Perasaan stres atau depresi juga bisa menghambat kelancaran ASI.

Mom tidak boleh lupa untuk memberikan asupan ASI secara rutin kepada buah hati. Saat ASI diminum atau diempeng sesering mungkin, ini akan membuat air susu di dalam payudara terus memproduksi diri dengan baik. Sebaliknya, jika payudara sangat jarang disusu atau diempeng juga dipompa, ini akan membuat produksi ASI di dalamnya berhenti dengan sendirinya.

Semoga informasi ini bermanfaat dan mom bisa mendapatkan ASI yang lebih melimpah serta lancar.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading