Sukses

Parenting

Waspada! Anak-anak Bisa Alergi Susu

Anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan sangat membutuhkan kalsium untuk tulang dan gigi yang kuat. Kalsium ini banyak terkandung di dalam susu.

Kurangnya mengkonsumsi susu dapat menimbulkan bahaya yang sangat fatal untuk mereka. Nantinya, peluang mereka untuk menderita penyakit tulang akan semakin besar ketika dewasa.

Namun, Ladies, jangan salah. Ternyata beberapa anak justru sangat alergi dengan susu. Parahnya, menurut kidshealth.org, alergi susu ini dapat menyebabkan akibat yang sangat berbahaya. Alergi susu adalah jenis alergi sangat paling umum terjadi pada anak-anak.

Alergi ini diderita oleh sekitar 2-3% anak-anak berumur tidak lebih dari tiga tahun. Beberapa diantaranya bisa sembuh. Namun ada juga yang menderita alergi tersebut selama hidupnya. Kalau sudah seperti ini, susu dan jenis makanan atau minuman lainnya yang juga mengandung susu harus sepenuhnya dihindari.

Berbicara tentang tanda-tandanya, ada yang susah dan gampang ditandai. Jika memang Ladies memiliki anak yang alergi dengan susu, ada baiknya selalu sediakan epinephrine yang bisa disuntikkan ke anak-anak sewaktu-waktu terjadi reaksi yang berbahaya pada anak.

Jangan lupa juga untuk diskusikan keadaan anak ini dengan siapa saja yang akan bertanggung jawab dengan anak-anak. Misalnya, guru yang ada di sekolah sehingga mereka mengerti cara tepat menanganinya. Jangan lupa juga untuk selalu konsultasikan kepada dokter tentang kondisi anak.

Kasus alergi susu ini memang terdengar sepele ya. Namun, Ladies jangan remehkan tanda-tanda yang terjadi pada anak. Lebih baik mengetahuinya sejak awal untuk mencegah sebelum terjadinya akibat lanjutan yang tidak diinginkan.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading