Sukses

Parenting

Waspadai Tanda-tanda Alergi Susu Pada Anak

Alergi susu memang kasus yang jarang kita temui dikeseharian. Namun ladies harus tetap waspada nih. Bagaimana ya prosesnya sampai terkena alergi susu? Berikut ulasannya.

Ketika terjadi alergi susu pada anak-anak, sistem imun pada anak yang umumnya berfungsi untuk mencegah infeksi, malah bereaksi hebat dengan protein yang ada di dalam susu. Lalu apa ya akibatnya?

Ternyata, menurut kidshealth.org, akibatnya adalah ketika anak meminum susu, sistem imun ini menganggap protein sebagai satu benda asing yang sangat berbahaya. Sistem imun secara otomatis akan memberikan respon. Responnya yaitu dengan cara menyerang protein tersebut.

Cukup rumit ya prosesnya?

Selanjutnya, akan terjadi reaksi akibat alergi, yaitu diproduksinya histamine dalam tubuh. Nah, histamine ini lah yang akan menampakkan gejala tertentu.

Gejalanya meliputi sulit bernafas, batuk-batuk, sakit perut, mual dan muntah dan diare. Bengkak di beberapa bagian tertentu, kondisi mata yang gatal dan berair bisa juga menjadi tanda-tandanya.

Bahkan, yang parah, alergi susu bisa mengakibatkan rendahnya tekanan darah, sampai pingsan. Wah, sangat berbahaya tentunya!

Namun, gejala ini tidak selalu sama pada setiap orang. Beberapa reaksinya tidak terlalu ketara. Mungkin hanya terjadi pada kulit saja, atau pada mata saja. Namun gejala parah juga sangat mungkin terjadi.

Susu, minuman yang seharusnya diberikan kepada bayi, ternyata juga bisa berbahaya. Nah, maka dari itu, Ladies seharusnya paham akan semua gejala ini.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading