Sukses

Parenting

Cara Menyusui Tanpa Adanya Rasa Sakit di Puting

Menyusui memang bukan pekerjaan yang mudah bagi ibu pada awal mulanya. Pasalnya, rasa sakit di bagian puting memang kerap terasa pada tahap awal menyusui. Akan tetapi, jika sudah terbiasa rasa sakit tersebut akan segera hilang dengan sendiri.

Meski begitu, sejumlah ibu yang merasa sakit, terkadang memilih untuk menyerah untuk menyusui akibat rasa sakit tersebut. Guna menanggulangi sikap tersebut, womenshealth.gov telah meyajikan sejumlah tips yang patut untuk dicoba.

Hal pertama yang perlu dilakukan oleh ibu adalah memastikan bahwa bayi Bunda tidak hanya menyusu pada bagian puting. Pasalnya, hal semacam ini lah yang sebenarnya memberikan rasa sakit kepada puting bunda. Jika terjadi seperti ini, hentikan sementara proses menyusui dan letakkan tangan bersih Anda ke bagian sudut mulut sang bayi.

Tips kedua adalah jangan pernah berfikir untuk menghentikan proses menyusui untuk sementara sebab hal ini justru semakin membuat putting menjadi sakit. Yang ketiga adalah memberikan porsi yang adil antara payudara kanan dan kiri. Seringlah mengganti posisi saat menyusui si buah hati.

Hal keempat adalah usapkan ASI anda ke bagian puting setelah proses menyusui selesai. Ini akan bisa membantu proses penyembuhan karena ASI sendiri memiliki kandungan yang mampu menyembuhkan luka secara alami.

Kelima adalah konsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika ingin menggunakan krim atau salep pelindung pada puting. Keenam hindari penggunaan bra atau pakaian ketat yang bisa memberikan tekanan kepada payudara.

Kedelapan, hindari penggunaan sabun atau produk apa pun yang mengandung astrgen maupun bahan kimia berbahaya lainnya. Jika masih terasa sakit coba konsultasi dengan dokter terkait obat yang tidak mengandung obat aspirin.

Oleh: Wahyu Kartika Wienanda

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading