Sukses

Parenting

Mempersiapkan Bayi Anda untuk Berhenti Minum ASI

ASI atau air susu ibu, seperti yang telah banyak orang ketahui, adalah nutrisi yang paling baik untuk bayi. Nutrisi ini biasanya diberikan kepada bayi hingga usianya menginjak 2 tahun. Setelah itu, nutrisi untuk bayi digantikan dengan susu formula dan/atau makanan-makanan bayi.

Untuk menghentikan pemberian ASI kepada bayi akan menjadi proses yang sulit untuk bayi itu sendiri. Meskipun masih kecil, bayi anda mungkin merasa kalau nutrisi terbaik yang biasa ia minum akan digantikan dengan nutrisi jenis lain yang belum biasa mereka konsumsi. Untuk menghadapi hal ini, anda harus sangat bersabar untuk membiasakan bayi anda lepas dari ASI yang anda berikan.

Kesabaran ini diperlukan karena pertama-tama bayi akan menolak untuk diberikan susu formula atau makanan-makanan lain selain ASI yang telah mereka konsumsi selama ini. Untuk itu, sepeti yang tertulis di wikihow.com, anda dapat sedikit demi sedikit mengurangi porsi ASI yang anda berikan dan menggantinya dengan susu formula atau makanan-makanan bayi lainnya.

Selama beberapa waktu, bayi anda akan mulai terbiasa untuk tidak terlalu sering meminum air susu ibu. Di saat inilah anda dianjurkan untuk sering-sering mengganti ASI dengan susu formula atau makanan-makanan lain sembari terus mengurangi porsi ASI yang anda berikan hingga akhirnya berhenti sama sekali. Lambar laun, bayi anda akan semakin terbiasa untuk tidak meminum ASI.

Oleh: Meilia Hardianti

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading