Sukses

Parenting

Peran Suami Ketika Istri Menyusui

Apakah anda memiliki istri yang sedang menyusui namun tidak tahu apa yang dapat anda lakukan untuk membantunya? Berikut adalah paparan yang dikutip dari healthychildren.com untuk membantu anda mengatasi masalah tersebut.

Adalah hal yang biasa bahwa memiliki bayi adalah hal yang sangat menggembirakan. Namun bagi seorang ayah yang ingin berpartisipasi dalam membantu istri yang menyusui, hal ini tidaklah mudah apalagi pada masa awal kelahiran. Dalam hal ini, sebagai suami anda dapat membantu istri anda dalam hal-hal berikut ini.

  1. Berikan dukungan kepada istri anda dengan cara mengalokasikan waktu anda untuk membantunya. Hal yang dapat anda lakukan adalah melakukan pekerjaan rumah ketika istri anda sedang mengurus anak. Banyak studi menunjukkan bahwa dukungan dari suami adalah faktor yang paliing menentukan apakah seorang Ibu akan tetap menyusui atau berhenti.
  2. Carilah informasi tentang menyusui. Sebagai seorang suami, anda diharapkan memiliki pengetahuan yang cukup tentang menyusui. Anda dapat bertanya kepada dokter anak tentang manfaat menyusui, posisi menyusui yang baik, makanan yang baik ketika menyusui, dan lain lain.
  3. Buatlah kamar tempat istri anda menyusui senyaman mungkin.
  4. Ketika di rumah sakit, anda dapat bergantian dengan istri anda untuk mengganti popok dan bergantian tidur.
  5. Berdiskusilah dengan istri anda kapan ia memutuskan untuk berhenti menyusui.
  6. Beradalah di samping istri anda ketika dia menyusui. Tawarkan makanan, minuman, dan bantal ketika istri anda menyusui karena terkadang seorang Ibu sulit untuk menempatkan bantal sebagai penopang bayi.
  7. Setelah istri anda menyusui, alokasikan waktu dengan bayi anda dengan menempatkannya di dada anda untuk menciptakan hubungan antara anda dan bayi anda.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading