Sukses

Parenting

5 Cara Hindari Kram Pada Kaki Saat Hamil

Bunda pernah merasakan kram pada kaki? Kram kaki itu suatu kondisi dimana otot berkontraksi yang membuatkan kita merasakan sakit. Kram kaki biasanya terjadi di betis, telapak kaki atau keduanya. Kram kaki seperti ini sering dialami ibu hamil di trimester kedua dan ketiga dan biasanya terjadi pada malam hari. Mayoclinic.com memberikan saran-saran berikut bagi ibu hamil untuk mencegah terkena kram kaki.

 

Meregangkan otot betis.

Meregangkan otot betis atau kaki bisa membantu menghindarkan kram kaki di saat hamil. Coba Bunda berdiri dengan menempelkan tangan pada tembok di depan Anda dan pindahkan kaki kanan dibelakang kaki kiri. Tekuk kaki kiri kedepan perlahan-lahan, tapi lutut kanan tetap lurus dan tumit kanan pada lantai. Tahan latihan peregangan tersebut selama 30 detik. Tapi jaga punggung Anda untuk tetap lurus dan pinggul sedikit maju. Ulangi dengan menukar dengan kaki satunya.

 

Tetap aktif

Berolahraga secara rutin bisa membantu menghindarkan kaki terkena kram. Jadi, sebelum memulai olahraga pastikan Anda mendapatkan persetujuan dari dokter Anda.

Minum suplemen dengan kandungan magnesium

Selain minum vitamin yang mengandung magnesium, mengkonsumsi makanan yang kaya magnesium juga baik, misalnya seperti kacang-kacangan, buah kering, dan gandum.

Minum air putih yang banyak

Jika urin berwarna kuning pekat, artinya Bunda belum minum air putih yang banyak.

Pilih alas kaki yang tepat

Pilih sepatu yang nyaman dan dapat menunjang pergerakan kaki dengan baik.

Kalau kaki Bunda kram, pijatlah atau kompres dengan es, jalan pelan-pelan lalu jinjit perlahan.

Oleh: Agit Diyanita

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading