Sukses

Parenting

Manfaat Berenang bagi Ibu Hamil

Ladies pasti sudah tahu bahwa tidak semua jenis olahraga boleh dilakukan oleh seorang wanita yang sedang berada dalam masa kehamilan. Hanya olahraga-olahraga tertentu saja yang dapat dilakukan oleh ibu hamil. Salah satu olahraga yang aman bagi ibu hamil adalah berenang.

Bagi wanita yang sebelum hamil sudah rajin berenang, alangkah baiknya bila kebiasaan berenang tetap dilanjutkan selama masa kehamilan. Namun, tentu saja waktu yang dialokasikan untuk berenang tidak sepanjang saat masih belum hamil untuk menghindari kelelahan.

Seperti yang dikutip dari babycenter.com, zat-zat dalam air kolam renang seperti klorin dan zat kimia lainnya terbukti tidak berbahaya bagi ibu hamil dan bayi yang dikandungnya. Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan setelah melakukan olahraga berenang, yaitu jangan berendam dalam air panas atau pergi ke sauna karena panasnya dapat menghambat pertumbuhan janin.

Berenang 2 sampai 3 kali setiap minggu secara rutin dipercaya dapat mengurangi nyeri punggung yang biasanya dialami oleh ibu hamil. Berenang bagi ibu hamil juga bermanfaat untuk menguatkan otot-otot tubuh, terutama lengan.

Selain itu, sebuah fakta menarik juga terungkap dari kebiasaan berenang yang dilakukan oleh ibu hamil. Kebanyakan ibu hamil yang sedang berada di dalam air sering merasakan frekuensi tendangan bayi meningkat dari biasanya.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading