Sukses

Parenting

Cara-Cara Menangani Anak Autis

Pada dasarnya, belum ada obat-obatan yang dapat menyembuhkan anak yang mengalami autisme. Autisme pada anak dapat ditangani melalui remedial yang dilakukan oleh orang tua maupun lingkungan sekitar si anak.

Tujuan utama dari remedial ini, seperti yang dikutip dari mayoclinic.com, adalah bagaimana mengoptimalkan kemampuan anak penderita autisme untuk mengurangi gejala-gejala autisme. Remedial yang dapat dilakukan untuk anak penderita autisme adalah:

Terapi

Terapi untuk mengingkatkan kemampuan berbahasa anak autis dapat dilakukan di rumah oleh orang tua. Orang tua dan anggota keluarga yang lain dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui permainan maupun aktivitas lainnya yang melibatkan anak untuk berbicara. Orang tua juga dapat pelan-pelan mengajari anak bagaimana berkomunikasi dengan orang lain. Selain itu, anak penderita autisme dapat diikutkan program khusus yang dirancang untuk penderita autisme. Biasanya program semacam ini melibatkan tim khusus yang ahli menangani anak autis.

Obat-obatan

Meskipun belum ada obat-obatan yang dapat benar-benar menyembuhkan anak penderita autisme, tetapi beberapa jenis obat-obatan dapat digunakan untuk meminimalisir gejala autisme. Contohnya adalah obat-obatan antidepresan dan antipsikotik untuk mengatasi anak-anak autis yang hiperaktif.

Waspadai pula gangguan-gangguan kesehatan lain yang biasa dialami oleh anak-anak autis seperti epilepsi, gangguan tidur, dan gangguan perut. Orangtua harus sering-sering berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan obat-obatan yang aman untuk mengatasi gangguan-gangguan kesehatan tersebut.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading