Sukses

Parenting

ASI Menurunkan Resiko Asma saat Kehamilan pada Anak-Anak

Ladies, tahukah Anda bahwa mengkonsumsi ASI mampu menurunkan resiko anak terkena asma? Seperti yang dilansir oleh reuters.com, terdapat dua peneltian yang mengkonfirmasi bahwa anak yang mendapatkan ASI memiliki resiko terkena asma lebih rendah daripada anak yang mengkonsumsi susu formula.

Hasil penelitian terdahulu banyak menyebutkan bahwa mengkonsumsi ASI memiliki hubungan erat dengan kesehatan anak. Tidak hanya itu, etapi penelitian tersebut juga memprediksi bahwa terdapat juga kemungkinan penularan asma kepada bayi dari sang ibu.

Namun, penelitin baru-baru ini menunjukkan bahwa kemungkinan tersebut tidak benar. Bayi yang mendapatkan ASI dari ibu yang terkena asma mendapatkan manfaat yang sama dari mengkonsumsi ASI, bila dibandingkan dengan bayi yang memiliki ibu bebas dari asma.

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa menyusu meningkatkan volume paru-paru, tanpa dipengaruhi fakta bahwa sang ibu memiliki penyakit asma atau tidak. Volume paru-paru yang meningkat membuat gejala asma tidak mudah untuk terjangkit.

Selain itu, sebuah penelitian lainnya juga menyebutkan bahwa kemampuan paru-paru untuk bernafas tidak berhubungan dengan infeksi pernafasan yang diderita anak-anak ketika bayi. Dalam penelitian itu ditemukan bahwa bayi yang mendapatkan ASI setidaknya selama 4 bulan dari ibu yang terkena asma memiliki skor yang lebih baik dalam tes pernafasan.

Nah Ladies, sekarang kita tahu bahwa dengan memberikan ASI setidaknya selama 4 bulan mampu membantu anak-anak kita terbebas dari asma. Selain itu, kita juga tahu bahwa asma tidak menular pada anak-anak kita.

Oleh: Nastiti Prima

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading