Sukses

Parenting

Bahaya Kafein pada Kesehatan Anak

Apakah anda sudah memastikan bahwa anak anda bebas dari kafein? Tahukah anda efek yang bisa ditimbulkan kafein bagi kesehatan anak anda? Jangan khawatir, mari kita lihat uraian dari kidshealth.org.

Kafein mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda. Terlebih jika anda penggemar minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh. Kafein adalah sejenis obat alami yang dihasilkan tumbuhan tertentu yang efeknya dapat menstimulasi system saraf pusat.

Efek umum yang biasa ditimbulkan dari konsumsi kafein yang berlebihan diantaranya gelisah, gugup, gangguan pada lambung, pusing, memacu detak jantung dan tekanan darah. Baik pada orang dewasa maupun anak-anak efek kafein cenderung sama.

Kidshealth.org juga menyatakan bahwa pada anak-anak, tidak membutuhkan kafein dalam jumlah banyak untuk menimbulkan efek seperti yang disebutkan diatas. Nah, karena itulah anda harus waspada jika anak anda termasuk penyuka minuman ber-kafein.

Perlu anda tahu, kafein selain terdapat dalam kopi dan teh, juga terkandung dalam soda. Minuman soda ini biasanya menjadi penyumbang utama konsumsi kafein karena anak-anak cenderung menyukai minuman bersoda. Oleh sebab itu, sebagai orang tua, anda harus mulai mencari cara untuk mengurangi konsumsi minuman bersoda anak anda.

Salah satu cara menghindarkan anak anda dari konsumsi soda atau kafein adalah dengan perlahan-lahan mengganti minuman atau makanan ber-kafein dengan minuman atau makanan lain yang lebih bernutrisi, misalnya susu atau bahkan air mineral. Yang terpenting dan perlu diingat, lakukan perubahan pola makan ini dengan perlahan karena anda berhadapan dengan anak-anak.

Oleh: Indah Wahyuni

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading