Sukses

Parenting

Masalah Konsentrasi Ketika Hamil. Mitos atau Fakta?

Banyak wanita mengeluh susah berkonsentrasi dan sering lupa ketika hamil. Benarkah hal ini? Jawabannya benar. Pada trimester pertama, banyak wanita mengalami gugup dan susah berkonsentrasi. Sering lupa hal yang biasanya ingat, lupa membawa dompet, lupa di mana menaruh remote televisi, dan lain sebagainya. Beberapa hal di atas adalah beberapa hal yang mungkin pernah anda alami ketika mengandung.

Hal ini terjadi karena secara mental, perhatian anda terpecah antara diri anda dan buah hati anda. Otak anda memberikan prioritas lebih pada janin dalam kandungan. Pada saat hamil, keadaan psikologis anda sangat rentan karena otak memberikan prioritas yang lebih rendah untuk hal-hal di luar kehamilan anda, Ladies.

Secara fisik, tubuh anda sedang penuh dengan hormon. Ketika hamil, tubuh memproduksi estrogen dan progesterone berlipat-lipat jumlahnya dari pada saat normal. Hormon-hormon ini yang menyebabkan wanita hamil gampang berubah perasaannya atau moody.

Selain itu, hamil atau berbadan dua berarti tubuh anda bertanggung jawab tidak hanya untuk anda tapi juga untuk buah hati dalam kandungan. Hal ini tentunya menguras tenaga. Maka dari itu, anda sering mengalami kesulitan berkonsentrasi karena anda tentunya merasa lelah secara fisik dan mental.

Akan tetapi, meskipun gejala ini sering ditemui, studi yang ditulis di babycenter.com menunjukkan bahwa ada beberapa kasus yang mana ibu hamil tidak mengalami penurunan kemampuan kognitif yang drastis. Namun bila anda mengalaminya, tidak perlu khawatir karena hal ini sangatlah wajar untuk dialami, Ladies.

Oleh: Mamor Adi P

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading