Sukses

Parenting

Waspadai Gejala Awal Penyakit Asma Pada Anak

Hampir 90% dari manusia yang hidup pernah menderita akibat penyakit asma. Asma, yang berasal dari kata ‘asthma’ yang artinya kesulitan bernafas ini, cenderung sering terjadi pada anak-anak ketimbang orang dewasa. Kita tentunya tidak ingin melihat buah hati kita kehilangan waktunya berkreasi akibat penyakit ini, bukan? Oleh karena itu, mari kita kenali gejala-gejala yang disebabkan penyakit asma pada anak.

Gejala awal penyakit asma pada anak cenderung tidak tampak karena anak yang aktif bermain kadang membuat gejala-gejala tersebut tidak terlihat. Maka dari itu, kita harus jeli melihat apabila ada gejala-gejala berikut yang dialami oleh buah hati kita di saat mereka beraktivitas.

Batuk-Batuk

Batuk adalah salah satu gejala awal dari penyakit asma. Dalam webmd.com disebutkan, batuk akibat asma bisa terjadi hampir ketika anak tengah beraktivitas, beistirahat, ataupun ketika sedang tidur. Apabila anak tampak mengalami batuk-batuk yang mengganggu aktivitasnya, bisa jadi buah hati anda mengalami gejala awal dari penyakit asma.

Kurang Energi dan Gampang Lelah

Penyakit asma memaksa sistem pernafasan untuk bekerja lebih keras. Bagi anak-anak yang dunianya adalah bermain dan belajar, hal ini tentu akan membebani metabolisme tubuh mereka. Anak akan tampak sering berhenti untuk beristirahat dan mengambil nafas.


Nafas Tersengal-Sengal dan Cepat

Nafas yang tersengal-sengal pada anak merupakan gejala awal asma yang paling jelas. Gejala ini juga biasanya bersamaan dengan suara atau ‘mengi’ yang keluar dari mulut buah hati anda ketika mengambil nafas.

Jika anda melihat gejala-gejala di atas, ada baiknya anda membawa buah hati anda ke dokter anak terdekat. Penyakit asma bisa saja menyerang buah hati anda kapan saja dan di mana saja, namun jika kita tahu gejala awalnya, perawatan dapat dilakukan sedini mungkin.


Oleh: Mamor Adi Pradhana

      



(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading