Sukses

Parenting

Balita Masih Butuh ASI

Memang sering dikatakan bahwa menyusui lebih dari setahun tidak baik. Tapi sebenarnya, ada keuntungan yang terabaikan jika kita tidak memanfaatkannya. Terutama hal ini akan sangat menguntungkan bagi kondisi kesehatan si Balita.

Breastfeeding-magazine mengamini berita ini dan mencatat bahwa pemberian ASI lebih dari setahun sebenarnya tidak menjadi masalah. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang menunjukkan bahwa balita berumur 16 hingga 30 bulan rentan penyakit berbahaya. Ketika ini terjadi, biasanya akan memakan waktu lama untuk penyembuhan.

Contoh yang umum adalah penyakit diare dan panas. Ketika penyakit ini menyerang, tentu kita akan sangat kerepotan. Salah satu peminimalisir dampak langsung penyakit  yakni dengan ASI. Karena ASI akan membantu balita memberi pasokan air dan nutrisi selama masa penyembuhan.

Lebih jauh lagi, sering kita dengar ASI bisa mencegah bayi dari leukemia. Nah, kalau masih bayi saja sudah bisa dicegah, apalagi kalau ditambah lagi ASI-nya, tentunya akan lebih baik.

Fakta yang sangat mengejutkan lagi nih, menyusui pada level ini mencegah balita meninggal dunia. WHO menyatakan 10% kasus meninggalnya anak-anak di seluruh dunia bisa dicegah dengan memberikan ASI diumur lebih dari setahun. Wah, luar biasa sekali bukan?

Oleh karenanya, disinilah peran kita untuk menjaga dan memperhatikan setiap hal yang mungkin terjadi pada anak-anak. Menggubris omongan orang terkadang juga tidak perlu, kalau sebenarnya kita tahu yang lebih baik dari mereka.

Oleh: Nurrohman Sidiq

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading