Sukses

Parenting

Hadapi Anak Autis, Orangtua Harus Sensitif

Anak autis memang cenderung susah berkomunikasi. Mereka bahkan kesulitan mengerti emosi orang lain yang tidak disampaikan. Mereka tidak mampu menginterpretasikan ekspresi wajah orang lain.

Namun, dengan semua kondisi ini, Ladies justru harus mampu memahami ekspresi wajah mereka. Cari tahu semua bahasa nonverbal mereka. Jika Ladies cukup sensitif, Ladies akan bisa menangkap bahasa nonverbal yang mereka gunakan untuk berkomunikasi.

Perhatikan suara-suara yang mereka keluarkan, mungkin mereka sedang menggumam atau mengatakan sesuatu. Juga ekspresi wajah mereka. Gestur juga pastinya akan banyak menyampaikan sesuatu. Dari gestur, Ladies bisa mengetahui apakah mereka lelah, lapar, atau menginginkan sesuatu.

Ya, yang terpenting adalah Ladies selalu memberikan perhatian yang cukup untuk mereka. Dengan setiap saat bersama anak-anak, Ladies perlahan akan lebih peka dan mengerti dengan yang mereka sampaikan melalui nonverbal.

Helpguide.org menyatakan bahwa kita harus selalu mewaspadai ketika anak-anak mulai marah. Sangat wajar memang, kalau mereka merasa tidak dimengerti oleh orang-orang di sekitarnya. Perasaan yang juga sangat lumrah, bahkan untuk orang normal sekalipun.

Ketika mereka marah, bisa jadi karena Ladies tidak memahami bahasa nonverbal mereka. Meledaknya kemarahan mereka mungkin adalah cara mereka untuk menyatakan rasa frustasi. Selain itu, kemarahan itu bisa jadi adalah usaha mereka untuk mendapatkan perhatian.

Nah, Ladies, sekarang sudah tahu kan, bagaimana harus memperlakukan mereka. Mereka ingin dipahami, mereka ingin diperlakukan dengan baik, dan itu adalah tugas kita.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading