Sukses

Parenting

Kafein dan Anak-Anak

Tidak ada orang tua yang pernah berpikir untuk memberikan buah hati mereka kopi. Anda juga begitu bukan, Ladies? Kandungan kafein pada kopi sangatlah tidak baik jika dikonsumsi oleh anak-anak dan anda tentunya tidak ingin sampai buah hati anda mengalami masalah kesehatan karena kafein.

Akan tetapi, menurut kidshealth.org, sekarang ini banyak makanan dan minuman yang bukan kopi namun mengandung kafein dalam jumlah yang cukup banyak. Minuman ringan yang bersoda, misalnya, seringkali mengandung kafein di dalamnya. Lalu, pengaruh apakah yang bisa terjadi pada buah hati anda akibat konsumsi kafein yang berlebihan?

Kafein menyebabkan pengaruh yang kurang lebih sama pada anak-anak dan pada orang dewasa. Kafein merupakan stimulan yang banyak terdapat pada makanan-makanan dan minuman-minuman yang beredar bebas di pasaran. Konsumsi kafein biasanya menyebabkan seseorang menjadi bersemangat dan waspada yang muncul karena peningkatan adrenalin dalam tubuh. Bila terlalu banyak mengkonsumsi kafein, bisa terjadi hal-hal berikut ini:

- Gugup dan canggung

- Gampang kaget

- Mual

- Sakit kepala

- Susah tidur

- Susah berkonsentrasi

- Detak jantung cepat

- Tekanan darah tinggi

Efek-efek di atas bisa terjadi baik pada orang tua maupun anak-anak. Pada anak-anak yang masih peka, mengkonsumsi sedikit kafein saja bisa menimbulkan masalah-masalah di atas. Oleh karena itu, perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh buah hati anda. perhatikan labelnya dan lihat kandungan gizi di dalamnya, Ladies.

Oleh: Mamor Adi P

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading