Sukses

Parenting

Tanda-tanda Anda punya Asma

Sulit sekali untuk tahu apakah seseorang memiliki asma. Moms, jika anda memiliki buah hati yang berusia dibawah 5 tahun, akan jauh lebih sulit untuk mengetahui apakah dia memiliki asma atau tidak daripada orang dewasa. Anda sebaiknya sedini mungkin membawa sang buah hati untuk diperiksa ke dokter  untuk memastikan apakah sang buah hati memiliki asma atau tidak.

Dengan bantuan dokter, sang buah hati akan dapat dipastikan apakah menderita asma atau tidak. Mengetahui informasi ini sedini mungkin akan membantu supaya sang buah hati tidak menderita dengan meminimalisir peluang terjadi-nya serangan asma baik di rumah, sekolah maupun lingkungan tempat putra-putri anda bermain.

Diterangkan di situs www.cdc.gov milik pemerintah Amerika Serikat, dokter akan memberikan pertanyaan-pertanyaan berikut dalam pemeriksaannya:

1.    apakah putra-putri anda sering batuk terutama malam hari

2.    apakah pernafasan putra-putri anda terganggu setelah melakukan aktivitas fisik,

3.    atau pada waktu-waktu tertentu dalam setahun terjadi kesulitan pernafasan

4.    adakah perasaan sesak di dada dan demam yang berlangsung lebih dari 10 hari

5.    adakah anggota keluarga yang memiliki riwayat menderita serangan asma,

6.    juga akan ada pertanyaan mengenai kondisi rumah ada.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut penting untuk mengidentifikasi apakah putra-putri anda memiliki penyakit asma.

Tidak hanya memberikan pertanyaan yang harus dijawab, dokter juga pastinya memberi semacam tes untuk menentukan kondisi putra-putri anda. Tes yang dilakukan adalah tes pernafasan yang bernama spirometri. Tes spirometri dilakukan untuk mengetahui kondisi paru-paru dan seberapa baik paru-paru bekerja dan memberi hasil apakah anda atau putra putri anda menderita asma.

Penulis: Yudha Yanuar A.

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading