Sukses

Parenting

Kontrol Asma Anak di Sekolah

Putra putri tercinta Anda mengidap penyakit asma? Salah satu hal yang wajib Anda perhatikan adalah kemungkinan asma mereka kambuh sewaktu mengikuti kegiatan belajar di sekolah, karena Anda tidak bisa seharian menemani mereka bukan? Berikut beberapa cara untuk mengendalikan asma anak-anak Anda.

Menurut webmd.com yang pertama dan jelas terpenting adalah ajak anak Anda bicara dan jelaskan semua mengenai kondisinya dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh mereka. Ajarkan mereka untuk mengetahui kapan waktunya untuk meminum obat, cara menggunakan inhaler, bagaimana menggunakan peak flow meter dan lain-lain yang diperlukan.

Anda juga perlu menginformasikan kondisi kesehatan anak Anda kepada pihak sekolah. Bukan untuk mendapatkan perlakuan spesial karena penyakitnya, namun supaya pihak sekolah bisa menyesuaikan kegiatan anak Anda dengan kesehatannya. Kalau sampai penyakitnya kambuh kan tidak hanya anak Anda yang kasihan, pihak sekolah pasti uga akan kelimpungan bila tidak mengetahui penyakitnya sebelumnya.

Persiapkan semua langkah spesifik mengendalikan asma anak dalam Asthma Action Plan yang Anda buat. Hal ini akan mempermudah baik si anak dan juga pihak sekolah untuk menyiapkan kegiatan anak Anda. Anda juga perlu memberikan pengarahan kepada guru, perawat dan petugas di sekolah tentang Asthma Action Plan yang Anda buat termasuk pemicu, gejala dan cara perawatan anak Anda.

Yang terakhir adalah memastikan KS di sekolah anak Anda memiliki obat-obatan yang anak Anda perlukan. Jika tidak, maka Anda yang harus menyediakan obat tersebut untuk sekolah.

Oleh: Sony Anshar

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading