Sukses

Parenting

4 Alasan Pentingnya Inisiasi Dini

Ladies sekalian yang sedang dalam masa kehamilan maupun yang sudah menyusui si kecil pasti sudah akrab dengan istilah inisiasi dini bukan? Inisiasi dini dalam menyusui mengacu pada permulaan menyusui pada satu jam pertama setelah bayi lahir.

Kegiatan inisiasi dini dilakukan pada satu jam pertama setelah bayi lahir dengan tubuh bayi yang masih dikeringkan seadanya. Lalu, bayi ditengkurapkan pada perut ibu yang terlentang dengan dada dan perut yang terbuka. Selanjutnya, bayi dibiarkan merangkak untuk mencari puting dan menghisap ASI untuk pertama kalinya.

ebagian dari ladies mungkin berpikir mengapa harus melakukan inisiasi dini padahal tubuh masih sakit pasca melahirkan. Berikut ini adalah empat alasan pentingnya inisiasi dini yang dikutip dari laman webmd.com.

1.    ASI mengandung antibodi yang dibutuhkan bayi yang baru lahir sebab mereka lahir dengan sistem imun yang minim. Studi menunjukkan bahwa inisiasi dini menurunkan resiko kematian pada bayi hingga 22 %.

2.    Kolostrum, cairan kekuningan yang keluar pada saat bayi baru lahir, mengandung berbagai macam nutrisi dan antibodi yang sangat penting bagi bayi. Kolostrum juga membantu perkembangan sistem pencernaan bayi.

3.    Inisiasi dini juga dapat membantu menstabilkan kadar gula darah si kecil.

4.    Inisiasi dini membuat bayi akan lebih mudah untuk beradaptasi saat mulai menyusu pada ibu.

Nah, ladies sudah tahu kan tentang manfaat dan pentingnya inisiasi dini? Jadi bagi ladies yang akan melahirkan jangan segan-segan untuk segera melakukan inisiasi dini setelah bayi anda lahir ya.

Oleh Lies Nureni

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading