Sukses

Parenting

Mitos dan Fakta Seputar Menyusui II

Ladies, pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai empat mitos dan fakta seputar menyusui. Kali ini, ada beberapa mitos tentang menyusui yang bisa saja menyesatkan seperti dikutip dari divinecaroline.com dan webmd.com.

•    Mitos: Jumlah ASI yang anda pompa menunjukkan banyak ASI anda

Fakta: Jumlah ASI yang dipompa tiap wanita sangatlah bervariasi dan tidak ada hubungannya dengan jumlah ASI yang tubuh anda produksi. Terkadang ada wanita yang jumlah ASInya sangat banyak tetapi tidak menghasilkan banyak ASI saat dipompa begitu pula sebaliknya.

•    Mitos: Anda pasti melakukan kesalahan saat menyusui terasa sakit

Fakta: Saat anda menyusui, anda bisa saja tiba-tiba merasa sakit pada puting anda. Sebagian orang akan mengatakan bahwa anda tidak menyusui secara tepat. Hal tersebut sebenarnya termasuk wajar, tapi jika anda merasa tidak nyaman anda bisa berkonsultasi pada dokter spesialis anda.

•    Mitos: Dokter akan tahu segalanya tentang menyusui

Fakta: Tidak semua dokter benar-benar mengerti tentang menyusui. Sebagian dari mereka mungkin hanya sedikit belajar tentang menyusui. Jadi, tinggalkan dokter anda jika dia mulai menyarankan untuk mengganti asupan ASI pada bayi dengan susu formula.

•    Mitos: Bayi akan dapat dengan mudah membedakan puting susu dan dot

Fakta: Tidak semua bayi dapat dengan mudah menggunakan dot setelah terbiasa menyusu pada ibu. Sebagian dari mereka akan merasa bingung dan selanjutnya tidak akan mau menyusu pada ibu setelah merasakan dot.

Oleh Lies Nureni 

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading