Sukses

Parenting

Mitos dan Fakta Seputar Menyusui I

Selalu saja ada mitos-mitos mengenai hal-hal di sekitar kita termasuk menyusui. Sebagai ibu muda yang baru saja menimang buah hati, tentunya anda sangat dibingungkan oleh hal-hal tersebut. Oleh karena itu, simak mitos tentang menyusui dan fakta sesungguhnya berikut ini yang disumberkan dari divinecaroline.com dan webmd.com.

•    Mitos: Menyusui sangatlah menyenangkan

Fakta: Menyusui itu layaknya membangun sebuah hubungan antara seorang ibu dan buah hatinya. Seperti sebuah hubungan pada umumnya, terkadang bisa sangat menyenangkan, terkadang akan terasa penuh cinta, terkadang juga bisa terasa membosankan.

•    Mitos: Menyusui bayi itu harus pada jadwal yang tepat

Fakta: Tidak ada jadwal yang pasti maupun tepat untuk menyusui bayi anda. Sebab setiap bayi akan memberi isyarat sendiri saat dia merasa lapar. Jeda waktu yang diberikan bayi anda pun sudah cukup untuk tubuh anda mengisi air susu.

•    Mitos: Nutrisi pada ASI akan berkurang setelah menyusui selama enam bulan

Fakta: Nutrisi yang terkandung dalam ASI tidak akan berkurang sedikitpun. Malahan sistem imun bayi anda akan bertambah bagus jika dia mendapatkan ASI eksklusif selama enam bulan atau lebih dari itu pun juga baik.

•    Mitos: Bayi harus minum susu formula saat ASI belum keluar

Fakta: Saat ibu baru saja melahirkan, air susu ibu belum keluar secara sempurna dan tergantikan oleh kolostrum yang mengandung banyak nutrisi, antibod, dan kalori. Dalam waktu ini, jangan berikan bayi anda susu formula karena kolostrum telah mengandung nutrisi yang jauh lebih baik dari susu formula.

Oleh Lies Nureni

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading