Sukses

Parenting

Mitos dan Fakta Seputar Menyusui IV

Banyaknya informasi miring seputar menyusui bisa saja menyesatkan para ladies yang sedang dalam tahap menyusui. Dan berikut ini adalah mitos seputar menyusui dan fakta yang benar di balik mitos tersebut seperti berhasil dihimpun dari divinecaroline.com dan webmd.com.

•    Mitos: Menyusui akan merubah bentuk payudara anda

Fakta: Menyusui tidak akan merubah bentuk payudara maupun kesensitivan payudara anda. Payudara anda memang telah berubah saat anda hamil namun menyusui tidak akan merubah lagi bentuk payudara anda. Justru menyusui akan melindungi anda dari serangan kanker payudara.

•    Mitos: Jangan pernah membangunkan bayi untuk menyusui

Fakta: Kebanyakan orang tua tidak ingin mengganggu bayinya yang sedang terlelap tidur terutama setelah si bayi minum banyak ASI. Namun, sesungguhnya tiap dua atau tiga jam sekali bayi akan merasa lapar sehingga anda lebih baik membangunkannya untuk minum ASI terlebih dahulu.

•    Mitos: Menyusui dapat mencegah anda dari kehamilan

Fakta: Menyusui tidak dapat menjadi jaminan 100 % bahwa anda tidak akan hamil sekalipun saat anda menyusui ada hormon yang menghambat ovulasi. Namun, setelah anda menstruasi, anda sudah bisa kembali hamil. Jika anda tidak ingin hamil terlebih dahulu, bijaksanalah dalam memilih alat kontrasepsi karena apapun yang anda konsumsi akan terkonsumsi oleh bayi anda.

Nah ladies, mitos-mitos dan fakta yang sesungguhnya seputar menyusui ini cukup membantu bukan. Semoga ladies sekalian tidak lagi disesatkan oleh mitos-mitos yang belum tentu pasti kebenarannya.

Oleh Lies Nureni

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading