Sukses

Parenting

Alergi Telur, Jangan Khawatir!

Mungkin salah satu menu favorit anda dan keluarga yang selalu tersaji setiap hari adalah telur ya Ladies. Karena telur memang biasa digunakan pada setiap makanan. Baik makanan pokok maupun camilan sehari-hari anda.

Tapi bagaimana jika anak anda alergi terhadap telur? Bayi atau anak-anak kadang kala akan mengalami reaksi alergi saat mengkonsumsi telur. Jika hal tersebut terjadi, mereka tidak akan bisa mengkonsumsi telur untuk sementara waktu. Tapi jangan khawatir ya Ladies, karena kebanyakan anak yang alergi telur berumur dibawah 5 tahun. Jika sudah lewat 5 tahun, biasanya alergi mereka akan menghilang kok.

Alergi telur pada anak terjadi karena system imun atau kekebalan tubuh mereka masih belum sempurna. Itu berarti system tubuhnya belum dapat mengkonsumsi protein dalam telur. Bisa protein dari putih telur maupun protein dalam kuning telur.

Antibody yang ada dalam tubuh si kecil akan melawan protein telur seakan akan protein adalah zat yang berbahaya. Mereka akan merasakan sakit atau mengalami ruam saat mengkonsumsi telur atau makanan yang mengandung telur. Reaksi ini bisa saja cepet dan bisa pula lambat.

Seperti yang di jelaskan dalam kidshealth.com terdapat beberapa tanda dan gejala yang akan muncul bila anak anda mengalami alergi pada telur.

  1. Kulit gatal-gatal, kemerahan, atau bahkan bengkak.
  2. Terjadi gangguan ada system pencernaannya berupa nyeri pada perut, diare, mual, muntah, atau gatal disekitar mulut.
  3. Gangguan system pernapasan yaitu hidung meler atau kesulitan untuk bernapas.
  4. Denyut jantung menjadi cepat, tekanan darah rendah, atau masalah jantung lainnya.
  5. Semoga bermanfaat Ladies!

Oleh: Gilang Pratiwi

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading