Sukses

Parenting

Mencegah Obesitas Pada Anak

Pola makan yang tidak sehat dan jarang berolahraga dapat membuat anak Anda kelebihan berat badan atau obesitas. Obesitas perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, hingga gangguan pada hati dan empedu. Lalu, bagaimana cara mencegah terjadinya obesitas pada anak?

Kunci utama untuk membuat berat badan anak Anda tetap ideal adalah dengan meluangkan waktu untuk keluarga. Anda bisa melakukan olahraga bersama dengan seluruh anggota keluarga. Bawa anak Anda saat Anda berbelanja agar mereka tahu cara memilih makanan yang bagus.

Situs kidshealth.org menjelaskan bahwa Anda harus sebisa mungkin tidak memberi mereka hadiah apa pun untuk membuat mereka makan dengan baik. Anda juga tidak perlu menyuruh anak Anda untuk menghabiskan makanan yang ada di piringnya. Mungkin saja mereka memang sudah kenyang, jadi jangan paksa mereka untuk menghabiskan makanannya.

Nah, bagaimana jika anak Anda terlalu suka makan makanan yang manis-manis seperti cokelat dan permen? Tentu saja makanan seperti itu juga dapat meningkatkan resiko obesitas pada buah hati Anda. Lalu, bagaimana cara untuk menghentikan kebiasaannya tersebut?

Sebisa mungkin, jangan katakana pada anak Anda bahwa makanan tersebut adalah makanan yang buruk dan tak baik. Anda juga tidak perlu membuang segala macam makanan kesukaan anak dan memintanya untuk diet. Hal tersebut justru akan membuat anak Anda memberontak dan memakan makanan tersebut dalam jumlah yang lebih banyak lagi saat ia berada di luar rumah atau luar pengawasan Anda secara diam-diam.

Jadi, yuk, lebih bijak dan membiasakan pola hidup sehat pada anak Anda!

Oleh: Atik Ulinuha

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading