Sukses

Parenting

Dampak Obesitas Pada Anak

Banyak anak jaman sekarang jarang sekali melakukan olahraga karena waktu mereka habis di depan TV, komputer, atau video game. Terlebih lagi, orang tua biasanya terlalu sibuk untuk menyiapkan makanan yang bernutrisi bagi anaknya. Kebanyakan anak pun akhirnya lebih memilih fast food karena dirasa lebih mudah didapat. Tidakkah Anda khawatir bahwa kebiasaan tersebut dapat membuatnya gemuk hingga obesitas?

Dijelaskan oleh kidshealth.org, obesitas dapat meningkatkan resiko terjadinya masalah kesehatan seperti diabetes, tekanan darah tinggi, masalah pada tulang dan kadar kolesterol tinggi. Mereka juga bisa mengalami masalah dengan hati, empedu, tulang dan kandung kemihnya.Obesitas pada anak wanita juga bisa menyebabkan jadwal menstruasi yang tak pasti dan berujung dengan masalah kesuburan saat ia dewasa kelak.

Anak yang obesitas biasa saja merasa kurang percaya diri karena sering diejek atau dijahili oleh teman-temannya. Anak yang merasa sedih karena hal tersebut bisa saja depresi sehingga mengkonsumsi obat-obatan terlarang. Mereka bisa juga malakukan hal-hal yang tidak diinginkan seperti melakukan diet yang tidak sehat seperti anorexia nervosa dan bulimia. Ngeri bukan?

Anda dapat mencegah kelebihan berat badan tersebut dengan memberikan makanan yang sehat dan membuatnya olahraga dengan teratur. Anda pun juga perlu meluangkan waktu untuk bersamanya karena pada dasarnya, mengajari anak untuk hidup sehat akan lebih mudah jika orang tua melakukan hal serupa pula.

Oleh: Atik Ulinuha

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading