Sukses

Parenting

Alkohol untuk Ibu Menyusui, Tidak Masalah

Bagi Anda yang selalu menghangatkan tubuh dengan mengkonsumsi alkohol seperti anggur atau bir, pasti Anda akan bertanya-tanya apakah alkohol yang Anda konsumsi akan menghangatkan bayi Anda juga? Atau malah alkohol dapat membahayakan anak Anda?

Tahukah Anda, jika lebih baik Anda menghindari alkohol saat Anda menyusui untuk mencegah resiko yang akan bayi Anda dapatkan. Karena, alkohol yang Anda konsumsi juga akan masuk ke dalam aliran darah dan juga akan bercampur dengan ASI yang Anda produksi.

Bayi yang masih kecil belum memiliki fungsi organ yang cukup kuat untuk menerima minuman seperti alkohol lho. Bayi Anda juga belum memiliki hati yang matang. Artinya, si kecil belum bisa memproses alkohol yang ada dalam ASI ya Ladies.

Dalam babycenter.com menjelaskan bahwa alkohol dapat mempengaruhi nafsu makan dan kualitas tidur bayi loh. Jika si bayi diberi ASI yang mengandung alkohol, mereka akan tidur lebih cepat dari biasanya dan akan bangun lebih cepat pula loh Ladies.

Alkohol dalam ASI juga ternyata dapat menghambat perkembangan bayi nih. Dalam penelitian terhadap 400 bayi yang mengkonsumsi ASI beralkohol perkembangan motorik pada usia 1 tahun akan terhambat.

Hasil penelitian ini belum dipublikasikan secara resmi sih Ladies, tapi tidak ada salahnya kan jika Anda mewaspadai. Lebih baik tidak mengkonsumsi alkohol dan menggantinya dengan minuman atau makanan hangat lain ya Ladies. Itu semua Anda lakukan demi kebaikan Anda dan si buah hati tentunya.

Jika Anda memang sudah tidak bisa lepas dari alkohol, tenang saja Ladies Anda masih bisa mengkonsumsinya kok. Tapi ada tips yang harus Anda perhatikan ya.

Setelah Anda mengkonsumsi alkohol tunggu setidaknya 2 jam sebelum Anda menyusui bayi Anda tercinta. Karena biasanya tinggat alkohol yang tinggi di dalam asi sekitar 30-90 menit setelah Anda mengkonsumsi alkohol. Lamanya waktu alkohol dinetralisir tubuh juga tergantung masing-masing orang ya Ladies. Jadi, untuk mengantisipasi luangkan waktu 2 jam sebelum memberi makan si bayi ya.

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah memompa ASI dalam botol sebelum Anda mengkonsumsi minuman beralkohol tersebut. Jika sewaktu-waktu si bayi lapar, Anda dapat memberinya ASI melalui botol yang telah terisi ASI sebelumnya nih Ladies.

Jangan lupa minumlah air mineral setelah Anda mengkonsumsi alkohol ya, karena air mineral akan membuat kadar alkohol dalam darah sedikit menurun.

So, alkohol bukan masalah kok asalkan sesuai dengan petunjuk ya Ladies!

Oleh: Gilang Pratiwi

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading