Sukses

Parenting

Hamil dan Merokok, Vitamin C Bantu Jaga Fungsi Paru-Paru Janin

Ibu hamil memang sangat tidak dianjurkan untuk merokok. Bahkan jika memang Anda merokok, Anda disarankan untuk berhenti ketika sedang mengandung. Hanya saja berhenti merokok memang tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Bagi perokok, berhenti merokok merupakan tantangan yang besar. Menyadari hal ini, babycenter.com mengabarkan bahwa vitamin C dapat menjadi alternatif pencegahan bagi Anda yang tidak mampu berhenti merokok selama hamil.

Sebuah studi membuktikan bahwa vitamin C ternyata memiliki peranan yang penting dalam mencegah memburuknya fungsi paru-paru pada bayi. Kita semua tahu bahwa bahan kimia berbahaya atau toksin yang terkandung dalam rokok dapat diserap oleh darah dan tersalurkan pada si kecil.

Tinggi kemungkinan bayi untuk mengalami gangguan pernapasan jika ibu mereka merokok semasa hamilnya. Tetapi vitamin C dapat menjadi pengobatan yang baik untuk menjaga fungsi paru-paru bayi serta mengurangi gejala asma pada bayi.

Terlebih lagi, vitamin C mudah dan murah. Anda cukup mengkonsumsi 500mg vitamin C setiap hari selama masa kehamilan dan efek pada kesehatan paru-paru bayi akan terasa. Bahkan studi tersebut telah membuktikan bahwa kemungkinan munculnya masalah sistem pernapasan yang muncul pada bayi dari ibu yang mengkonsumsi vitamin C hanya sekitar 21%.

Tetapi bagaimana pun juga, memotivasi para ibu hamil untuk berhenti merokok masih merupakan prioritas utama meski vitamin C dapat membantu mereka untuk menjaga fungsi paru-paru bayi dari kandungan rokok, begitulah yang diungkapkan oleh Dr. Eliot Spindel, seorang ilmuwan dari Oregon National Primate Research Center at Oregon Health & Science University.

Oleh: Wahyu Wienanda

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading