Sukses

Parenting

Mengenal Ultrasound Scan Untuk Ibu Hamil (III)

Bagaimana prosedur melakukan ultrasound scan? 

Ketika ibu hamil akan melakukan ultrasound scan di awal kehamilan, maka ibu hamil harus minum beberapa gelas air dulu sebelum melakukan ultrasound scan. Kandung kemih yang penuh akan mendorong rahim ibu hamil melewati panggul, sehingga sonographer (orang yang melakukan ultrasound scan, biasanya dokter/bidan) dapat melihat bayi di dalam rahim dengan jelas.

Sonographer akan mengoleskan krim tertentu pada perut ibu hamil dan menempelkan transducer pada kulit ibu hamil. Lalu bayi akan terlihat di layar.

Apabila ibu hamil memiliki berat badan yang berlebih, mungkin bayi tidak akan terlihat dengan jelas di layar karena posisi rahim masih jauh di dalam panggul. Sebagai alternatif, vaginal scan mungkin dilakukan.

Dalam melakukan vaginal scan, sebuah vaginal transducer akan dimasukkan melalui vagina. Ibu hamil tidak perlu takut vaginal transducer akan melukai vagina karena bentuknya panjang dan sempit sehingga bisa masuk melalui vagina tanpa memberikan rasa nyeri.

Apakah ultrasound scan menimbulkan rasa sakit/nyeri pada ibu hamil?

Seperti yang dikutip dari babycentre.co.uk, ultrasound scan tidak menimbulkan rasa sakit. Mungkin pada saat transducer ditekan pada perut ibu hamil, ibu hamil akan merasa sedikit tidak nyaman. Apabila ibu hamil merasakan nyeri saat melakukan ultrasound scan, hal tersebut mungkin dikarenakan kandung kemih ibu hamil yang penuh.

Bila ibu hamil merasakan nyeri, maka sonographer akan menyuruh ibu hamil untuk mengosongkan setengah dari isi kandung kemih sehingga ultrasound scan tidak menimbulkan rasa sakit. 

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading