Sukses

Parenting

Mengenal Ultrasound Scan Untuk Ibu Hamil (IV)

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan ultrasound scan? Seperti yang dikutip dari babycentre.co.uk, melakukan ultrasound scan dapat dimulai pada trisemester pertama pada saat usia kandungan mencapai 10 minggu dan 13 minggu lebih enam hari. pada ultrasound scan pertama ini, ibu hamil akan mengetahui perkiraan waktu persalinan.

Namun, ada kalanya ibu hamil melakukan ultrasound scan lebih awal, yaitu pada usia kandungan menginjak 6 atau 7 minggu. Yang boleh melakukan ultrasound scan lebih awal adalah para ibu hamil yang mengalami gangguan kesehatan, seperti pendarahan.

Pada trisemester kedua kehamilan, ultrasound scan dilakukan ketika usia kandungan ibu hamil menginjak minggu ke 20. Ultrasound scan pada trisemester kedua ini berguna untuk memastikan bahwa bayi di dalam perut ibu tumbuh dan berkembang dengan baik.

Ultrasound scan berikutnya dilakukan pada trisemester ketiga saat usia kandungan sudah berada pada minggu ke 28 sampai 40. Ultrasound scan pada minggu-minggu tersebut dilakukan apabila:

  1. Ibu hamil pernah melahirkan bayi dengan bobot di bawah normal
  2. Ibu hamil mengandung bayi kembar
  3. Ibu hamil mengidap penyakit tertentu, misalnya diabetes

Nah, ladies sekarang ladies sudah mengetahui banyak informasi tentang ultrasound scan. Apakah ladies akan melakukan ultrasound scan atau tidak, semua tergantung dari ladies dan saran dari dokter maupun bidan yang ladies datangi.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading