Sukses

Parenting

Home Treatment Bagi Anak Down Syndrome

Seperti yang telah ladies ketahui, down syndrome adalah salah satu jenis kelainan mental yang terjadi pada anak sejak lahir yang disebabkan oleh kelebihan jumlah kromosom ke 21. Para orang tua yang memiliki anak down syndrome memiliki peranan penting dalam membantu mereka untuk memaksimalkan potensi yang dimilikinya seperti anak-anak lain.

Seperti yang dikutip dari webmd.com, berikut ini adalah beberapa home treatment yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk mengajari anak down syndrome agar lebih mandiri.

  • Bermain. Menguatkan otot-otot anak yang mengalami down syndrome dapat dilakukan dengan mengajak mereka bermain. Melakukan permainan yang memerlukan banyak gerak dipercaya dapat mengatasi permasalahan otot dan badan yang lemah pada anak down syndrome.
  • Makan.Mengajari anak down syndrome untuk makan sendiri harus dilakukan dengan bertahap. Biasakan untuk makan bersama di meja makan dan ajarilah anak untuk makan dengan jari-jari mereka sebelum akhirnya mengajari mereka menyantap makanannnya dengan sendok dan garpu.
  • Berpakaian.Dalam mengajarkan anak down syndrome tentang bagaimana berpakaian secara mandiri, mulailah dengan mempraktikan bagaimana cara berpakaian sambil memberi penjelasan.
  • Komunikasi. Untuk mengajari agar anak down syndrome bisa berkomunikasi dengan orang-orang sekitarnya, biasakan diri anda untuk melihat mata anak ketika berbicara. Selain itu, ketika sedang mengenalkan nama-nama benda, tunjukkanlah benda tersebut kepada anak.
  • Menjaga kebersihan. Biasakan anak down syndrome untuk menjaga kebersihan dengan rutin memandikannya. Selain itu, menjelaskan bahwa menjaga kebersihan sangat penting untuk kesehatan mereka juga perlu dilakukan.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading