Sukses

Parenting

Waspadai Mengkonsumsi Kafein Saat Hamil

Kafein menjadi suatu zat yang dikonsumsi oleh banyak orang di dunia. Tidak terkecuali oleh wanita. Banyak wanita yang memulai hari dengan mengkonsumsi kafein pada secangkir kopi atau teh. Kafein dapat menyegarkan tubuh kita dan memberi stamina. Namun timbul satu pertanyaan, apakah kafein bisa aman dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil?

Jika anda wanita yang sedang hamil dan senang mengkonsumsi makanan dan minuman berkafein seperti kopi, teh, dan coklat, anda harus berhati-hati karena kafein dapat mempengaruhi janin yang sedang anda kandung. Seperti yang dijelaskan oleh pregnancy.org, kafein mengandung bahan-bahan kimia yang memiliki pengaruh stimulasi yang sangat besar terhadap sistem syaraf dan fungsi-fungsi tubuh lainnya.

Kafein dicerna selama 45 menit dan melewati plasenta pada wanita yang sedang hamil. Kafein juga dapat mengurangi aliran darah dalam plasenta, dan karena janin mendapatkan nutrisi dan bernafas menggunakan oksigen yang terkandung dalam darah ibunya yang mengaliri plasenta, kafein dapat membuat janin anda tidak mendapatkan nutrisi dan oksigen yang cukup untuk tumbuh kembangnya.

Belum diketahui batas kafein yang sehat untuk dikonsumsi oleh seorang wanita hamil, namun sebaiknya anda menghindari resiko yang ditimbulkan dari mengkonsumsi kafein jika anda sedang hamil. Di samping itu, kafein juga dapat mempengaruhi kualitas susu yang sedang berkembang pada payudara anda selama masa kehamilan.

Kafein memiliki banyak pengaruh yang dapat timbul pada tubuh anda seperti sulit tidur dan keinginan untuk merokok. Cara pencegahan yang paling tepat adalah dengan menghentikan konsumsi kafein anda selama anda hamil kaena kafein bisa mempengaruhi janin anda maupun tubuh anda.

oleh: Desti Ayu Ruhiyati

   

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading