Sukses

Parenting

Cegah Hewan Picu Alergi dan Asma

Di rumah Anda ada binatang peliharaan? Mungkin kucing, anjing, tikus putih atau semacamnya? Memang benar, hewan-hewan berdarah panas harus lebih diwaspadai. Terutama, jika ada anggota keluarga Anda yang menderita asma.

Terus boleh gak sih tetap memelihara mereka? Sebenarnya masih diperbolehkan, asalkan mereka benar-benar sudah terawat dan bersih dari segala zat yang bisa saja memicu alergi ataupun infeksi.

Kidshealth.org memberikan beberapa saran agar Anda dan keluarga bisa lebih terjaga dari bahaya asma karena alergi hewan. Salah satu caranya adalah menjauhkan anak-anak atau pun anggota keluarga dari si Hewan. Berarti tetap tempatkan hewan pada kandang atau tempat tertentu untuk tempat hidup mereka.

Kedua, selalu bersihkan diri dan mintalah kepada siapapun untuk membersihkan diri setelah selesai kontak langsung dengan hewan. Siapa tahu masih ada sisa-sisa bulu atau kotoran lain yang menempel.

Sehingga, si Penderita asma mudah saja terpicu. Wah wah, Anda harus benar-benar waspada dengan kebersihan jika punya hewan peliharaan.

Terakhir, jangan lupa selalu membersihkan kandang, dan mandikan hewan peliharaan Anda secara rutin. Berarti kita sekarang mengerti, faktor utama pemicu dan pencegahnya adalah kebersihan dan kewaspadaan kepada keluarga dan hewan Anda.

Nah, boleh saja kan memelihara hewan peliharaan. Tapi jika Anda atau mungkin ada anggota yang memiliki asma, Anda harus ekstra waspada dan hati-hati. Dengan demikian, asma akan bisa dicegah dan ditanggulangi lebih awal.

Oleh: Nurrohman Sidiq

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading