Sukses

Parenting

Mungkinkah Rakhitis Tidak Disebabkan oleh Kurangnya Vitamin D?

Mungkin sebagaian besar dari anda sudah mengetahui bahwa rakhitis merupakan penyakit yang menyerang anak karena kekuarangan vitamin D. Penyakit ini menyerang tulang pada anak bahkan dapat menyebabkan keretakan tulang pada anak. Terlebih, asupan makanan bervitamin D dan asupan matahari adalah hal penting untuk mencegah penyakit rakhitis.

Lalu bagaimana jika ada yang mengatakan bahwa rakhitis dapat muncul bukan karena kekurangan vitamin D? Apakah anda percaya?

Anda boleh percaya pada pernyataan tersebut karena jawaban untuk pernyataan tersebut adalah “ada”. Sebuah sumber di www.netdoctor.co.uk, menyatakan bahwa bayi yang lahir dengan prematur terkadang memiliki masalah dengan tulang. Apakah anda pernah memiliki anak yang lahir secara prematur?

Apabila anak anda lahir secara premature dan mengalami masalah dengan tulang, masalah tulang ini dapat disebut sebagai rakhitis. Selebihnya, masalah tulang yang muncul pada bayi prematur ini dapat berupa retakan tulang yang terjadi secara spontan ketika bayi masih berumur beberapa bulan.

Biarpun masalah tulang tersebut disebut sebagai rakhitis, percayakah bahwa bayi yang baru lahir tersebut sudah kekurangan vitamin D? Tentu saja tidak karena memang tidak ada fakta yang menyebutkan bahwa vitamin D menjadi penyebab rakhitis pada bayi yang lahir secara prematur.

Berdasarkan www.netdoctor.co.uk, masalah tulang tersebut disebabkan oleh kelainan atau cacat bawaan lahir yang dibawa oleh bayi prematur dalam hal pemenuhan kebutuhan vitamin D dalam tubuh.

Apabila anda memiliki bayi yang lahir secara prematur, berkonsultasilah kepada dokter mengenai kelainan tulang yang mungkin terjadi pada buah hati anda. Semoga bermanfaat.

Oleh: Ninuk Retna Sumiarsih

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading