Sukses

Parenting

Rencanakan Treatment Untuk Anak Autis

Memang benar kalau ada banyak sekali jenis treatment yang sengaja dirancang untuk anak-anak autis. Namun seperti apa ya treatment yang terbaik untuk anak-anak kita?

Yang pasti adalah yang mampu memenuhi kebutuhan mereka. Orangtua lah yang pastinya mengetahui kondisi anak dengan baik. Jadi, orangtua seharusnya tahu, treatment seperti yang cocok untuk mereka.

Menurut helpguide.org, ada beberapa hal yang patut diperhatikan ketika memilih treatment yang tepat. Salah satunya yaitu kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh anak. Dengan mengetahui kelebihan dan juga kekurangan mereka, kita bisa memilih jenis treatment yang mampu mengembangkan potensi mereka.

Wah, tentunya sangat menyenangkan jika bisa melihat mereka mempunyai ruang untuk mengembangkan bakatnya. Selain itu, lihat juga ketrampilan apa yang anak-anak belum kuasai. Misalnya, anak-anak sulit dalam mengenal angka, maka cari model treatment yang lebih menekankan pada penguasaan angka-angka.

Apakah anak-anak lebih bisa belajar dengan melihat atau mendengarkan? Jika misalnya, memang hal itu benar adanya, treatment juga sebaiknya lebih menekankan hal ini.

Namun, yang paling mereka butuhkan justru kehadiran orangtua. Dengan selalu menemani mereka, Ladies akan mengerti kondisi emosi mereka berkaitan dengan treatment mereka.

Dengan menemani mereka, Ladies akan merasakan kedekatan emosi. Mereka juga akan merasa lebih diperhatikan. Ya, perasaan ini tentunya akan sangat penting untuk anak.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading