Sukses

Parenting

Menyapih, Tahap Tumbuh Kembang Si Kecil

Pernahkah anda mendengar tentang menyapih? Menyapih adalah cara yang dilakukan untuk menghentikan kegiatan menyusui. Menyapih dilakukan ketika si bayi berada pada masa transisi dari menyusui ke makanan sampingan lain untuk memenuhi kebutuhannya yang semakin bertambah.

Menyapih sendiri bukan sesuatu yang wajib dilakukan dengan cepat kok. justru menyapih adalah sesuatu yang dilakukan karena keputusan si ibu. Hal tersebut biasanya dilakukan dengan berbagai pertimbangan seperti ketika si ibu kembali untuk bekerja, atau mungkin ada masalah kesehatan pada sang ibu, sehingga tidak memungkinkan lagi untuk menyusui, atau hanya karena merasa bahwa memang saatnya bagi sang bayi untuk berhenti menyusui.

The American Academy of Pediatrics dalam kidshealth.com merekomendasikan lamanya bayi menyusu selama 6 bulan saja nih Ladies. Setelah itu, anda dapat memberi kombinasi makanan padat tambahan sampai si bayi paling tidak mencapai 1 usia 1 tahun.

Para ahli juga mengatakan bahwa setelah ulang tahunnya yang pertama adalah waktu yang terbaik untuk melakukan penyapihan karena biasanya anak-anak mulai dapat beradaptasi saat usia 1 tahun dan mulai tidk tertarik dengan ASI.

Berikan susu formula disela-sela makanan padatnya untuk melengkapi kebutuhan susu si kecil. Tapi jika anda memutuskan untuk terus memberikan ASI kepada bayi anda, tidak masalah Ladies. Menyapih dapat dilakukan ketika anda dan bayi sudah siap dan ingin melakukan penyapihan.

Oleh: Gilang Pratiwi

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading