Sukses

Parenting

Fakta Mengenai Mensterilkan Botol Susu dan Pacifier

Ladies, ada beberapa fakta yang seharusnya kita ketahui mengenai mensterilkan botol susu bayi kita. Setidaknya, ada 3 fakta yang berhubungan dengan hal tersebut, seperti yang dilansir oleh parenting.com.

Pertama, kita harus mencuci botol susu dan pacifiers. Ada beberapa ahli yang mengatakan bahwa kita tidak perlu mensterilkan kedua benda tersebut apabila kita memiliki air dengan kualitas bagus. Oleh sebab itu, kita diwajibkan mencuci botol dan pacifier tersebut.

Kita memang tidak dianjurkan untuk mensterilkan botol susu, namun kita disarankan untuk mencucinya. Maka, cucilah botol dan pacifier tersebut dengan sabun, dan bilas dengan air hangat atau air dingin yang mengalir.

Selain itu, untuk menjaga kualitas botol susu tersebut, kita juga disarankan untuk tidak membeli produk yang mengandung BPA (bisphenol A). Produk yang mengandung BPA bisa melepaskan senyawa kimia berbahaya bagi bayi apabila dipanaskan. Untungnya, produk dengan BPA tidak lagi diproduksi. Namun, kita masih harus berhati-hati.

Nah Ladies, yang terakhir ini juga berhubungan dengan kesehatan kita; mencuci tangan. Salah satu faktor yang menyebabkan kontaminasi bakteri pada botol susu dan pacifier adalah tangan kita sendiri. Kita disarankan untuk mensterilkan tangan kita dengan cara mencuci tangan. Sebaiknya, kita mencuci tangan kita dengan sabun, atau mencucui tangan kita di air yang mengalir selama 15 detik.

Itu sebabnya mengapa di rumah sakit para perawat tidak mensterilkan botol terlalu sering. Tetapi, mereka mencucui tangan mereka sesering mungkin ketika mereka hendak melakukan kontak dengan bayi.

Oleh: Nastiti Prima

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading