Sukses

Parenting

Sampai Kapan Bayi Cukup Dengan Menerima ASI Saja?

Hai ladies, jika saat ini anda tengah menyusui buah hati anda, apakah anda tahu sampai kapan anda perlu menyusui si kecil dan mulai berpindah ke makan selain susu?

Menurut situs resmi Badan Kesehatan Dunia, who.int, seorang bayi yang baru lahir seharusnya mendapatkan nutrisi langsung dari ASI paling tidak selama enam bulan pertama usianya. Pada enam bulan usia bayi, pemberian ASI akan membuat bayi anda dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Pada enam bulan pertama ini sebaiknya anda menyusui ASI secara ekslusif pada buah hati anda. Pemberian ASI secara eksklusif pada bayi anda berarti bahwa anda hanya memberikan ASI sebagai asupan nutrisi utama bayi anda tanpa memberikan susu formula atau jenis makanan lain. Bahkan bayi juga sebaiknya tidak diberi air putih diluar ASI.

Meskipun begitu, selain ASi yang diberikan oleh sang ibu bayi juga masih dapat menerima tambahan vitamin yang kebanyakan diberikan dalam bentuk tetes. Selain vitamin, yang boleh diberikan kepada si kecil dalam bentuk tetes bisa juga mineral yang diperlukan oleh bayi serta obat-obatan bagi si kecil.

Pemberian ASI eksklusif ini sangat disarankan oleh WHO karena keberadaan ASI sangat penting dalam membentuk pertumbuhan dan perkembangan bayi baik secara fisik dan psikologis.

Lalu, setelah masa pemberian ASI secara eksklusif dalam 6 bulan, bayi mulai dapat menerima asupan nutrisi lain selain dari ASI. Makanan yang diberikan pada bayi setelah berusia enam bulan sebaiknya dipastikan dapat secara cukup memenuhi kebutuhan energi, nutrisi serta mikronutrien yang dibutuhkan. Sebisa mungkin hindari memberikan makanan yang berlebihan.

Penulis: Yudha Yanuar A.

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading