Sukses

Parenting

Tujuh manfaat Olahraga Bagi Ibu Hamil (I)

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Namun tentunya olahraga yang boleh dilakukan oleh ibu hamil adalah beberapa jenis olahraga yang tergolong ringan, misalnya senam, yoga, dan renang. Durasi olahraga yang disarankan pun juga tidak panjang untuk menghindari kelelahan.

Apa saja manfaat olahraga bagi ibu hamil? Berikut ini adalah tujuh manfaat yang dirasakan ibu hamil dari olahraga rutin seperti yang dikutip dari babycenter.com.

Pertama, olahraga dapat meningkatkan energi. Masa kehamilan akan membuat ibu hamil mudah lemas dan capek. Dengan rutin berolahraga, sistem kardiovaskular ibu hamil akan menguat sehingga tidak mudah mengalami kelelahan. Ibu hamil akan dapat kembali beraktivitas dengan lincah seperti saat sebelum hamil.

Manfaat kedua dari olahraga rutin adalah meningkatkan kualitas tidur. Dengan berolahraga, tenaga ibu hamil akan banyak terkuras sehingga ibu hamil dapat tertidur pulas tanpa memikirkan posisi tidur yang kurang nyaman karena perut semakin membuncit.

Selain itu, olahraga juga bermanfaat untuk mengurangi ketidaknyamanan yang dialami selama kehamilan. Olahraga dapat melenturkan dan menguatkan otot-otot tubuh sehingga tubuh bisa “berkompromi” dengan nyeri yang terjadi selama dalam masa kehamilan. Peregangan yang rutin dilakukan oleh ibu hamil dapat mengurangi nyeri punggung, berjalan dapat melancarkan sirkulasi darah, dan berenang dapat menguatkan otot perut.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading