Sukses

Parenting

Usia Ibu Pengaruhi Kondisi Kehamilan dan Proses Kelahiran

Kondisi kehamilan dan melahirkan dapat dipengaruhi oleh usia ibu hamil. Seperti dilansir oleh babycenter.com, ibu hamil yang masih berusia remaja memiliki kecenderungan untuk melahirkan bayi prematur. Sedangkan ibu hamil yang berusia lebih tua berkecenderungan melahirkan melalui operasi Caesar.

Hasil tersebut diperoleh dari sebuah studi di Irlandia yang dilakukan kurang lebih tiga tahun silam. Dr. Deirdre Murphy beserta koleganya dari Trinity College meneliti data dari 36.916 ibu yang baru pertama kali melahirkan di sebuah rumah sakit Irlandia.

Mereka membandingkan fenomena yang terjadi pada ibu yang masih sangat muda dan ibu yang berusia lebih tua dengan ibu yang berusia sekitar 20 hingga 34 tahun. Dari keseluruhan peserta yang ada, 3 persennya berusia 17 tahun, hampir 2% berusia 40 tahun, dan sisanya wanita berusia 20 hingga 34 tahun.

Ibu yang berusia 20 hingga 34 tahun, enam persennya melahirkan sebelum 37 minggu, di mana usia melahirkann normal adalah sekitar 37 minggu hingga 42 minggu. Dibandingkan dengan peserta dari kelompok usia 17 tahun, 10% dari mereka melahirkan secara prematur dan hanya 11% yang melahirkan dengan cara operasi.

Persentase operasi Caesar jauh lebih besar pada ibu dari grup usia yang lebih tua, yaitu sebanyak 54%. Sedangkan pada mereka yang berusia di antara 20 hingga 34 tahun, 24% melahirkan dengan cara yang sama.

Belum lagi, bayi yang dilahirkan dari grup usia tua memiliki kecenderungan cacat dan dirawat di ICU. Wah, banyak resikonya ya jika Anda tidak melahirkan pada usia yang normal. So, rencanakan yang terbaik ya, Ladies.

Oleh: Wahyu Wienanda

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading