Sukses

Parenting

Karies Gigi Pada Anak

Sekalipun gigi susu anak nantinya akan berganti dengan gigi permanen, menjaga kesehatan gigi susu anak tetap wajib dilakukan. Namun, banyak orang tua kurang memperhatikan kesehatan gigi anak sehingga munculah karies gigi.

Karies gigi atau tooth decay adalah pengikisan gigi susu anak yang disebabkan oleh seringnya konsumsi gula. Gula yang terkandung di dalam jus, susu formula, air gula, dan berbagai jenis minuman manis lainnya menjadi penyebab utama karies gigi.

Karies gigi bisa juga terjadi pada bayi. Karies gigi pada bayi biasa disebabkan oleh susu yang tidak tertelan saat bayi tidur sehingga susu tetap berada di dalam mulut. Bakteri yang berada di dalam mulut bayi memakan kandungan gula dalam susu sehingga terjadilah karies gigi.

Seperti yang dikutip dari webmd.com, karies gigi yang tidak ditangani dengan baik dapat membuat gigi anak nyeri sehingga anak tidak bisa mengunyah makanan dengan baik. Selain itu, karies gigi juga bisa menyebabkan gigi permanen tumbuh dengan posisi yang tidak beraturan dan berdesakan.

Karies gigi yang sudah parah dapat menyebabkan abses gigi yang dapat berakibat pada infeksi yang menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Nah ladies, sudah tahu kan dampak buruk dari karies gigi pada anak? Oleh karena itu, ladies harus membiasakan anak menyikat gigi sejak dini dan tak lupa memeriksakan gigi anak ke dokter gigi setiap enam bulan sekali.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading