Sukses

Parenting

Efek Samping Menggunakan Inhaler Pada Anak-Anak

Halo Ladies, apakah anda memiliki buah hati yang telah memiliki penyakit asma sejak kecil? Sejak usia berapakah putra atau putri anda telah menggunakan inhaler untuk menangani serangan-serangan asmanya?

Penggunaan inhaler sebagai penenang serangan asma hampir tidak pernah memberikan efek samping negatif terhadap penggunanya. Tetapi, bukan berarti penggunaan inhaler tidak memiliki efek samping negatif yang perlu diketahui oleh anda sebagai orang tua. Penggunaan inhaler perlu di perhatikan secara seksama, terutama ketika buah hati anda dalam masa pertumbuhan.

Karena anak kecil akan menggunakan obat-obatan asma sejak kecil, maka peluang untuk munculnya efek samping negatif dari pemakaian inhaler akan lebih besar dari penderita asma dewasa.

Dilansir pada situs asthma.org.uk, selain adanya efek samping negatif yang mungkin muncul dalam sesaat, tetapi peluang munculnya efek samping negatif lain akibat jangka panjang penggunaan akanlebih besar. Karena itu, pilihkan obat-obatan asma bagi buah hati anda yang mengandung dosis steroid sekecil mungkin.

Dengan menggunakan obat-obatan berdosis steroid rendah, maka anda telah membantu buah hati anda untuk mengurangi efek jangka panjang yang mungkin muncul akibat penggunaan obat terus menerus sejak kecil.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menggunakan inhaler yang mengandung steroid akan meningkatkan resiko pengguna untuk menderita katarak ketika usia beranjak tua.

Jadi ladies, sama seperti obat-obatan lain, penggunaan obat-obatan asma perlu diperhatikan baik dosis maupun frekuensinya untuk mengurangi peluang munculnya efek samping seminimal mungkin.

Penulis: Yudha Yanuar A.

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading