Sukses

Parenting

Saat Tepat untuk Menyapih Buah Hati

Apakah Anda menyusui buah hati Anda hingga bertahun-tahun? Bingung kapan ia akan siap untuk disapih? Setelah buah hati Anda berusia 2 tahun atau lebih, Anda akan merasa yakin bahwa buah hati Anda secara fisik dan emosinya sudah cukup sehat dan siap untuk disapih. Anda akan menyapih buah hati Anda tanpa tekanan dan proses tersebut akan terasa lebih mudah jika buah hati Anda telah berusia di atas 2 tahun.

Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO dan UNICEF sangat menyarankan Anda untuk menyusui buah hati Anda selama mungkin dan baru menyapihnya jika ia berusia 2 hingga 7 tahun.

Hal tersebut karena menurut breastfeeding.asn.au sangatlah baik untuk pembentukan tulang pada buah hati Anda melalui ASI. Ia pun juga akan terhindar dari berbagai macam penyakit karena antibodi yang ia dapat dari ASI tersebut. Keluarga yang terus menyusui buah hatinya akan memiliki pengeluaran yang teramat sedikit untuk kesehatan anak dari pada tetangga yang tak menyusui buah hatinya.


Anak yang disusui dalam jangka waktu lama (minimal 2 tahun) akan merasa lebih nyaman dan aman sehingga ia jarang terlihat sedang menghisap jari atau membawa-bawa selimutnya.


ASI merupakan alat utama yang sangat dibutuhkan oleh seorang ibu untuk menjamin pertumbuhan buah hatinya kelak. Jadi, jangan khawatir jika nantinya anak Anda akan terus-menerus minta ASI. Karena pada dasarnya buah hati Anda nantinya akan berhenti dengan sendirinya tanpa Anda harus melakukan apa pun padanya. Menarik bukan?


Jadi, yuk beri buah hati Anda ASI selama mungkin!

Oleh: Atik Ulinuha

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading