Sukses

Parenting

Amankah Melakukan Hubungan Seks Saat Hamil?

Apakah aman melakukan hubungan seks ketika hamil? Apakah hubungan seks saat masa kehamilan tidak membahayakan janin di dalam kandungan? Apakah hubungan seks di masa kehamilan dapat menyebabkan keguguran?

Apakah pertanyaan-pertanyaan tersebut muncul di benak ladies dan menimbulkan kekhawatiran? Tenang, penjelasan berikut ini akan menjawab kekhawatiran sekaligus rasa penasaran ladies.

Pada dasarnya, melakukan hubungan seks saat masa kehamilan adalah hal yang normal dan aman. Kenapa aman? Hal ini karena bayi di dalam janin sudah terlindungi oleh dinding otot rahim, sehingga hubungan seks yang dilakukan oleh ibu hamil tidak akan mengganggu janin.

Meskipun melakukan hubungan seks selama kehamilan tergolong aman bagi janin, kebanyakan dokter menyarankan agar pada minggu-minggu terakhir menjelang persalinan, ibu hamil tidak melakukan hubungan seks. Seperti yang dikutip dari webmd.com, hormon prostaglandin yang dihasilkan selama hubungan seks dikhawatirkan akan memicu kontraksi.

Satu hal yang perlu ladies perhatikan adalah gairah seks semasa hamil mungkin naik turun alias tidak stabil. Ladies mungkin saja akan lebih fokus pada kehamilan sehingga gairah seks menurun. Namun mungkin juga ada waktu di mana gairah seks meningkat karena ladies merasa lebih seksi dengan perut yang membuncit dan payudara yang membesar.

Oleh karena itu, penting agar ladies membicarakan masalah ini dengan pasangan. Dengan begitu, pasangan akan memahami apa yang dirasakan oleh ladies.

Pravianti Ayu Mirantiraras

   

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading