Sukses

Parenting

Saatnya Si Anak Membuang Botol Susu

Kebanyakan, anak usia balita tidak dapat lepas dari botol susunya ya, Ladies. Botol bagi mereka adalah teman. Selain untuk memenuhi kebutuhan nutisinya, dengan botol mereka mersa lebih aman dan nyaman.

Tapi, tahukah Anda jika penting bagi orang tua untuk melatihnya lepas dari bolot susu, sebelum si anak ketagihan dan semakin tidak mau lepas dengan botol susu mereka. Biasakan mereka minum dengan menggunakan gelas. Tunjukan dan arahkan bahwa gelas juga nyaman untuk mereka ya, Ladies.

Bnyak orang tua yang menunda untuk membiasakan si anak menggunkan gelas saat mengonsumsi susu. Ingat ladis, semakin lama orang tua menunda untuk melatih merea, semakin sulit si anak akan dapat lepas dari botol minum kesayangannya. Dan akan menjadi kebiasaan yang susuh untuk hilang.

Mengganti kebiasan dari botol ke gelas juga bukan berarti mudah nih, Ladies. Banyak tantangan yang akan Anda hadapi. Namun ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mempermudah proses transisi ini seperti yang dijelaskan dalam kidshealth.org.

Pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan transisi itu. Bagi sebagian bayi yang sejak dini telah mengenal botol, dokter merekomendasikan untuk memperkenaklan saat ia memasuki usia 6 bulan dimana saat itu juga bertepatan dengan pemberian makanan padat untuk si kecil.

Namun, secara umum dokter menyarankan untuk menggantinya saat si anak berusia 1 tahun nih, Ladies. Karena pada umur 1 tahun adalah saatnya mereka yang biasa mengkonsumsi ASI untuk belajar mengkonsumsi susu sapi. Susu sapi tersebut dapat and sajikan dengan gelas sehingga proses transisi ini berjalan dengan alami.

Oleh: Gilang Pratiwi

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading