Sukses

Parenting

Memulai Untuk Menyusui

Menyusui bagi ibu yang sudah berpengalaman mungkin tidak akan terlalu sulit. Bagi ibu yang baru saja melahirkan, bagaimana cara untuk memosisikan anak untuk menyusu merupakan suatu tantangan tersendiri. Disini, ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk memulai menyusui.

Kontak fisik

Peluk bayi dengan kontak kulit yang maksimal antara Anda dan si kecil. Gendong bayi yang hanya menggunakan popok, dan tempelkan di dada Anda. Gunakan selimut untuk menutupi tubuh bayi Anda. Suhu tubuh Anda akan menghangatkan tubuh si kecil.

Membaringkan bayi

Baringkan dia dengan menggunakan lengan Anda untuk menopang kepala, leher, hingga bahunya, dan gunakan paha Anda untuk menopang bagian tubuh lainnya. Dia akan menggerakkan badannya untuk mencari puting Anda.

Miringkan kepalanya

Miringkan sedikit ke belakang kepala si kecil agar dia mudah untuk menghisap dan menelan ASI. Saat dia sudah menemukan puting, lidahnya akan segera berada di bawah puting dan bersiap mengisap ASI.

Memosisikan puting Anda

Posisikan puting Anda dalam posisi yang benar. Tidak hanya puting, tapi bagian areola payudara juga berada dalam mulut bayi. Apabila bayi hanya menghisap puting, hal ini dapat menimbulka rasa sakit pada payudara.

Beri ruang bernapas

Saat bayi mulai menghisap, dagunya akan menempel pada payudara Anda dan hidungnya akan sejajar dengan posisi puting. Pastikan si kecil memperoleh ruang untuk bernapas.

Menopang badannya

Jangan meletakkan tangan Anda hanya di bagian kepala bayi. Topanglah badannya hingga ke punggung jika Anda dalam posisi duduk. Posisi ini juga memudahkan Anda untuk menjaganya tetap dekat dnegan tubuh Anda.

Hal ini hanyalah satu cara yang diberikan oleh womeshealth.gov. Anda juga bisa mengaplikasian cara lain yang lebih sesuai asalkan benar.

Oleh: Zurriat Nyndia

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading