Sukses

Parenting

Lakukan Ini Agar Kepala Bayi Seimbang

Bentuk kepala bayi itu mudah berubah lho, Bu. Ibu harus tahu apa saja yang bisa mempengaruhi bentuk kepala bayi, seperti yang telah diulas di mayoclinic.com berikut.

Kebanyakan bayi yang baru lahir memiliki bentuk kepala yang sedikit tidak seimbang, seperti ada bagian yang lebih tinggi atau lebih besar dan sebagainya. Kadang, bentuk kepala bayi juga bisa berubah sedikit saat dilahirkan karena seperti sedang melewati kanal yang tidak terlalu lebar.

Di lain sisi, bentuk kepala bayi bisa berubah setelah dilahirkan akibat tekanan di punggung dan kepalaya saat dia berbaring. Walaupun ada bagian di kepala bayi yang memang sedikit rata, ibu tetap bisa mengubahnya.

Ibu bisa mengamati 2 bagian lunak di kepala atas bayi dimana tulang tengkorak belum terbentuk dengan sempurna. Bagian inilah, yang disebut fontanel, yang membantu bayi keluar dari kanal sempit saat dilahirkan.

Karena kepala bayi mudah berubah, jika ibu terus menaruhnya pada posisi yang sama bisa membuat bentuk kepalanya tidak seimbang. Untuk mengecek bentuk kepala si bayi ibu bisa melihatnya dari atas.

Jadi apa yang harus ibu lakukan?

1. Pindah posisi

Jika saat berbaring awalnya memungkinkan dia untuk menghadap ke kanan, pindah agar ia dapat menghadap ke sebelah kiri. Ibu juga bisa mengganti posisi menggendong saat menyusui.

2. Gendong si bayi

Menggendong bayi saat ia bangun bisa meredakan tekanan pada kepalanya daripada saat ia ditidurkan

3. Tummy time

Jika si bayi sudah bisa telungkup, ibu bisa meletakkannya dengan posisi telungkup. Pastikan kalau alas di perutnya empuk

Oleh: Agit Diyanita

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading