Sukses

Parenting

Bayi Umur 4 Bulan Makan Berapa Banyak?

Sulit ya menentukan berapa banyak ASI yang diminum adik bayi di setiap kali dia minum. Mungkin gara-gara ini Ibu sempat berpikiran apakah adik bayi sudah cukup minum susunya atau malah kelebihan. Tidak perlu bingung, Ibu cukup simak penjelasan yang diulas livestrong.com berikut.

Ibu disarankan untuk mulai mengenalkan makanan pendamping ASI saat bayi memasuki umur 4-6 bulan. Tapi jika kita menunggu sampai bayi berumur 6 tahun itu yang tidak disarankan.

Dengan mengenalkan bayi pada makanan padat lebih cepat bisa memberinya pengalaman tentang rasa dan tekstur makanan baru. Semakin cepat bayi merasakan rasa dan tekstur baru pada makanannya, maka semakin ia menerapkan pola makan sehat saat besar nanti.

Saat bayi baru saja lahir, dia biasanya minum susu sampai 12 kali sehari. Tapi, menurut National Institutes of Health, menginjak umur 4 bulan bayi biasanya minum ASI 4-6 kali sehari.

Saat Ibu menentukan berapa banyak ASI untuk bayi 4 bulan Anda, Ibu bisa mempertimbangkannya dari jumlah makanan pendamping ASI yang dia konsumsi. Tapi, ASI tetaplah jadi sumber nutrisi utama yang persentasenya lebih besar dari makanan pendamping ASI.

Untuk menentukan apakah bayi Ibu mendapatkan asupan yang cukup, Ibu bisa melihat dari perkembangan berat badannya. Bayi yang menyusui rata-rata berat badannya naik 0,5-1 kg setiap bulannya sampai 6 bulan pertama setelah dilahirkan.

Beres kan Bu. Kalau memang masih ada pertanyaan, bisa ditanyakan lebih lanjut ke dokter anak si bayi.

Oleh: Agit Diyanita

(vem/ova)
What's On Fimela
Loading