Sukses

Parenting

Amankah Mengonsumsi Obat Ketika Menyusui?

Tahukah anda bahwa apapun yang anda konsumsi ketika menyusui akan bercampur ke dalam air susu anda termasuk obat-obatan? Ada baiknya anda menyimak penjelasan dari mayoclinic.com untuk anda.

Mayoclinic.com menambahkan bahwa anda harus berkonsultasi dengan dokter ketika anda sakit tentang sisi keamanan dari obat yang harus anda konsumsi pada saat anda menyusui. Apabila dokter mengatakan bahwa obat yang harus anda konsumsi tidak aman bagi bayi, mintalah alternatif obat yang lebih aman.

Apabila penyakit anda kronis yang mengharuskan anda menjalani serangkaian perawatan dan mengonsumsi obat-obatan, anda harus siap secara mental apabila dokter meminta anda untuk berhenti menyusui demi kesehatan anda. Salah satu langkah yang dapat anda ambil untuk bayi anda yang masih membutuhkan air susu adalah dengan menggunakan susu formula.

Berikut adalah obat-obatan yang dilansir oleh mayoclinic.com aman dikonsumsi ketika menyusui namun sifatnya adalah preskriptif dimana anda harus tetap berkonsultasi dengan dokter anda.

1. Obat pereda rasa nyeri

- Acetaminophen (Tylenol)

- Ibuproven (Advil dan Motrin IB)

2. Obat antibiotik

- Fluconazole (Diflucan)

- Miconazole (Monistat 3 dan Micaderm)

- Clotrimazole (Mycelex dan Lotrimin)

3. Antihistamin

- Loratodine (Claritin dan Alavert)

- Fexofenadine (Allegra)

4. Decongestan

- Obat tetes hidung

- Obat-obatan yang mengandung pseudoefedrin (berkonsultasilah dengan dokter karena pseudoefedrin dapat menurunkan produksi air susu)

5. Obat kontrasepsi

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading