Sukses

Parenting

Amankah Mengonsumsi Obat Mastitis Ketika Menyusui?

Ladies sekalian, anda pasti sudah tahu bukan mengenai infeksi kelenjar payudara atau yang biasanya disebut dengan mastitis? Yup, mastitis merupakan peradangan yang terjadi pada kelenjar payudara yang disebabkan oleh ASI yang sulit atau belum siap untuk dikeluarkan.

Penyebab terjadinya mastitis antara lain adalah penyumbatan pada saluran ASI, puting yang seperti retak, serta produksi ASI yang terlalu banyak. Mastitis biasanya diobati dengan menggunakan antibiotik selama 10 hingga 14 hari, amankah obat mastitis tersebut?

Pilihlah obat-obatan mastitis yang aman ketika anda menyusui seperti dicloxacillin (Dycill), cephalexin (Keflex), amoxicillin clavulanate (Augmentin) serta erythromycin. Menurut babyzone.com, obat-obatan tersebut mampu meredakan nyeri mastitis sekitar 24 hingga 48 jam seusai minum obat.

Namun, perlu anda ingat bahwa meski anda sudah tidak merasakan nyeri akibat mastitis, anda harus tetap mengonsumsi obat tersebut hingga habis. Hal ini bertujuan untuk mencegah kembalinya mastitis serta membuat tubuh anda benar-benar sehat kembali.

Selain itu, anda juga harus tetap menyusui si kecil agar mastitis yang anda derita bisa segera sembuh. Jangan takut bakteri yang timbul akibat mastitis akan terkonsumsi oleh bayi anda. Sebab ASI telah mengandung anti bakteri yang dapat mencegah bakteri masuk ke dalam tubuh si kecil.

Oleh: Lies Nureni

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading